Thursday, December 3, 2020

Minggu yang Seru

0 comments

Hari ini adalah hari Minggu yang ditunggu-tunggu. Semua warga desa bersiap menyambut hari ini. Hari ini seluruh warga desa akan melaksanakan kerja bakti membersihkan sepanjang jalan kampung. Mereka akan membersihkan sampah yang berserakan di sepanjang jalan, aliran sungai dan juga merapikan balai pertemuan warga. 

Semua warga sudah menyiapkan perlatan yang kan digunakan. Mereka membawa sapu lidi, sabit, cangkul dan banyak lainnya. Ada anak-anak, para remaja, hingga orang dewasa dan orang tua sudah mulai melakukan kerja bakti. Anak-anak mulai mencabut rumput yang tumbuh di tepian jalan. Sedangkan orang dewasa membabat tumbuhan yang tidak rapi di pagar jalan. Sebagian remaja putri dan ibu-ibu mulai menyiapkan kudapan untuk para warga. 

Semua warga melakukannya dengan suka cita. Anak-anak bekerja sambil sesekali bercanda, hari yang sangat menyenangkan untuk mereka. Anak-anak dapat membantu orang tua sambil bermain bersama teman sebayanya. Para orang tua sesekali menertawakan tingkah anak-anak yang sedang bercanda. Saat kudapan sudah siap semua warga berhenti bekerja. Mereka istirahat sejenak, melepas lelah. Mereka menikmati kudapan yang sudah disiapkan. Para warga menikmati kudapan sambil bercerita dan tertawa. Ada banyak kudapan yang bisa dinikmati, ada kue nagasari, ubi rebus, pisang goreng, dan banyak lainnya. 

Setelah istirahat dan menikmati kudapan, para warga melanjutkan pekerjaan mereka. Mereka membagi kelompok supaya pekerjaan cepat selesai. Sebagian warga ada yang membersihkan balai warga. Mereka memeriksa genteng balai yang bocor, mengecat ulang tembok balai aga terlihat indah, dan memangkas rumput di halaman balai.  

Kerja bakti selesai tepat ketika gerimis mulai turun. Semua warga senang bisa menyelesaikan kerja bakti tepat waktu. Sehingga mereka bisa pulang ke rumah masing-masing untuk membersihkan badan dan beristirahat. Namun anak-anak enggan untuk pulang. Mereka menunggu gerimis semakin besar hingga hujan.

Anak-anak mulai bermain-main dengan air hujan. Berlari-lari kesan-kemari. Pada saat hujan, jalanan sudah rapi, sehingga jalan terlihat indah dan nyaman untuk disusuri. Anak-anak seru sekali bermainnya. Saling berkejaran, tertawa dan sesekali ada yang menangis. Setelah seharian mereka membantu bekerja bakti, akhirnya mereka bisa menikmati sisa sore dengan bermain bersama teman-teman. Benar-benar Minggu yang seru. 


Naya Prasenja (2020)

Jakarta, 3 Desember 2020






No comments:

Post a Comment