Saturday, December 5, 2020

Jam Istirahat yang Sibuk

0 comments

 

Jam Istirahat yang Sibuk 

 Naya Prasenja

Hari Sabtu, suasana jalan menuju ke sekolah terlihat mulai ramai. Musa dan teman-temannya berjalan kaki menuju sekolah mereka. Saling berpegangan tangan dan sesekali mereka bergurau sambil menunjuk kendaraan yang lewat. Mereka berjalan melalui jalan raya besar. Banyak sekali kendaraan yang mereka lihat. Jika ada kendaraan tertentu lewat seperti jip dan vespa, maka mereka akan saling menepuk punggung temannya. Semacam permainan cepat-cepatan melihat kendaraan.  Sesekali mereka tidak terima dengan pukulan itu, saling berargumen melihatnya lebih dulu, hingga berakhir sampai di gerbang sekolah. 

Sesampainya Musa dan teman-temannya di sekolah, terlihat sekolah sudah mulai ramai. Banyak siswa berkejaran di halaman sekolah. Di ruang kelas para siswa juga ada yang sedang menyapu, merapikan buku, menghapus papan tulis dan merapikan meja kursi. Kegiatan piket kelas sudah terbiasa dilakukan oleh Musa dan teman-teman sekolahnya. Jika tidak mengerjakan piket kelas, maka siswa harus membayar denda kepada bendahara kelas. Apabila siswa terus-terusan tidak melaksanakan piket kelas, maka guru akan memberikan semacam hukuman dengan berlari keliling halaman sekolah. 

Halaman sekolah sangat luas. Musa dan teman-teman biasa bermain di halaman itu. Banyak sekali permainan yang dapat dimainkan. Siswa diperbolehkan bermain di halaman pada saat jam istirahat. Jam istirahat dimulai pukul 09.00 sampai pukul 09.45. Pada saat jam istirahat semua siswa keluar kelas, ada yang ke kantin membeli makan. Ada yang berjalan ke ruang guru untuk mengantarkan buku tugas. Ada yang berlari ke ruang perpustakaan untuk membaca buku. Dan halaman sekolah menjadi tempat paling ramai oleh siswa. Di sekolah Musa juga ada taman yang berada tepat di depan setiap kelas. Biasanya para siswa perempuan berkumpul di sana, untuk menceritakan pelajaran, kerja kelompok, ataupun koleksi kertas binder mereka. 

Pada jam istirahat semuanya terlihat sibuk. Tidak ada siswa yang berdiam diri. Semua sibuk dengan teman-temannya, bersenda gurau, berlari-lari, makan, membaca buku. Guru-guru pun sibuk di ruang guru, beristirahat dan mengobrol bersama. Sesekali ada guru yang memperhatikan siswa yang sedang  beristirahat. Hal ini dilakukan agar tidak ada siswa yang bermain yang membahayakan. 

Banyak sekali permainan yang biasa para siswa lakukan. Seperti di halaman sekolah, ada siswa bermain kelereng, bermain karet gelang, bolgimsundamanda atau engklek dan kejar-kejaran. Kejar-kejaran adalah permainan yang biasa dilakukan oleh laki-laki. Permainan yang seru tapi juga melelahkan. Permainan yang menghabiskan tenaga dengan mengelilingi gedung sekolah, bersembungi di sela-sela tembok ataupun di balik punggung teman. 

Jika jam istirahat selesai semua siswa berlari ke kelas masing-masing. Pada saat kembali ke kelas banyak siswa berbaju basah karena berkeringat. Mereka saling mengolok karena berkeringat dan bau. Namun mereka hanya saling tertawa dan balas mengolok hingga guru datang dan mulai mengajar. 

5 Desember 2020

No comments:

Post a Comment